Sabtu, 11 April 2009

Kerajinan Batik Gedog di Tuban

Orang bayak mengenal bahwa kerajinan batik Gedok . Batik gedok adalah Suatu karya budaya yang kebenarrannya sampai sekarang mesih diterima oleh masarakat . Karena nilai estetik yang ditampilkannya cukup tinggi, juga kandungan nilai budaya dalam karya ini tampak jelas , sehingga batik Gedok ini merupakan salah satu produk yang memiliki kehasan tersendiri . Taukah anda kenapa batik ini dinamakan batik gedok ????? karena pada saat pembuatan alatnya mengeluarkan bunyi dok dok dok .
Taukah anda sejarah batik Gedog ????
wilayah tuban telah mesuk 3 tata nilai kebudayaan yang saling mempengaruhii, dan sampai sekarang kebudayaan ini mesih tetap eksis dan sama - sama berkembang tanpa membuat salah satu kebudayanini tersingkir . ketiga kebudayaan tersebut adalah :

1 Kebudayaan jawa , kebudayaan ini masuk dan meresap pada saat wilayahtuban dalam kekuasaan jaman Majapahit ( abad XII-XIV )
2 Kebudayaan Islam , kebudayaan ini masuk dan meresap karena diwilyah Tuban hidup seorang ulama yang ternama yaitu Sunan Bonang pada tahun 1465-1525.
3 Kebudayaan Tiongkok (Cina ) karena di tuban para laskar tentara Kubilaikhan melarikan diri dari kekalahannya pada saat menyerang jawa di awal abad XII sehingga kini masarakat keturunan cina ini banyak bermukim di Tuban dan membawa kebudayaannya di Tuban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar